Istilah buku paket terbentuk dari dua kata yaitu kata “buku” dan “paket”.Buku berarti lembar kertas yang
berjilid, berisi tulisan atau kosong. Sementara, paket berarti
sejumlah buku yang dibungkus dikirimkan atau dijual
secara keseluruhan sebagai satu nomor (Depdikbud, 1988:132).
Pengertian di atas agaknya didasarkan
pada proses munculnya buku tersebut di sekolah-sekolah, yaitu dipaketkan
lewat jasa pengiriman (JNE, umpamanya). Namun, istilah ini
dibatasi hanya untuk buku yang djpaketkan oleh pemerintah, dalam
hal ini Departemen Pendidikan Nasional, kepada sekolah-sekolah.
Untuk
buku-buku yang dijual di pasaran oleh para penerbit (Tiga Serangkai,.
Erlangga, Intan Pariwara, dan sebagainya) disebut buku penunjang.
Buku paket berisi pelajaran, ditulis oleh para pakar, relevan dengan
mata pelajaran tertentu, memiliki kualitas standar, mempunyai tujuan
umum pengajaran, dilengkapi dengan sarana penunjang, untuk tingkat
satuan pendidikan tertentu, dan mempunyai tujuan khusus untuk menunjang
pengajaran tertentu (umpamanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia).
Berdasarkan karakteristik yang
dimiliki oleh buku paket, maka pada hakikatnya buku paket
dapat disebut pula buku teks. Hal ini didasarkan pada definisi buku
teks yang diungkapkan oleh para pakar antara lain sebagai berikut:
Hall Quest (dalam Tarigan, 1986:11)
mengemukakan buku teks adalah buku yang disusun untuk tujuan
instruksional. Sementara, Lange (dalam Tarigan,1986:11) mendefinisikan buku teks adalah
buku standar untuk bidang tertentu yang terdiri atas buku pokok dan
buku tambahan. Selanjutnya, Bacon (dalam
Tarigan,1986:11) menjelaskan bahwa buku teks
adalah buku yang dirancang dengan cermat, disiapkan oleh para pakar
dalam bidang terkait; dan dilengkapi dengan sarana yang sesuai dan
serasi. Pakar lain mengungkapkan buku teks adalah sarana belajar yang
biasa digunakan di sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang
program pengajaran (Buckingham dalam Tarigan, 1986:11).
Dari
beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku teks atau
buku paket adalah buku pelajaran dalam mata pelajaran tertentu merupakan
buku standar, disusun oleh oleh para ahli di bidangnya, untuk tujuan
instruksional, dilengkapi dengan sarana pembelajaran yang serasi, mudah
dipahami oleh penggunanya di sekolah.
Jenis-jenis Buku Paket
Penjenisan buku paket dilakukan
atas dasar mata pelajaran, mata kuliah, penulisannya, dan jumlah
penulisnya (Tarigan, 1986: 29). Dalam buku ajar ini hanya disebutkan
jenis buku paket didasarkan pada nama mata pelajaran saja.
Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), jenis buku paket meliputi buku paket mata pelajaran:
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),
- Pendidikan Kewarganegaraan (PKN),
- Matematika,
- Bahasa Indonesia,
- Seni Budaya dan Keterampilan,
- Pendidikan Jasmani Olahraga,
- Bahasa Inggris, dan
- Teknologi Industri dan Komunikasi.
Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment